Selasa, 11 Oktober 2016

Apa Itu Web 2.0? Penjelasan 1


"Web 2.0" mengacu pada penggunaan Internet untuk berbagi konten interpersonal dan pelayanan online. Sedangkan yang tidak disebutkan namanya "Web 1.0" yang datang sebelum itu sebagian besar berkaitan dengan menciptakan dan melihat konten online (tercermin dalam perang browser dan dalam proliferasi website yang sedikit orang yang pernah mengunjungi), Web 2.0 konsep menyoroti layanan yang memungkinkan orang untuk menemukan dan memanipulasi konten, ditambah dengan mereka yang memungkinkan semua jenis media dan layanan yang akan diterbitkan dan saling (atau "tumbuk") di tempat-tempat yang banyak orang benar-benar tahu tentang. pemain kunci di negara berkembang Web 2.0 pasar karena itu termasuk Google, YouTube, Twitter dan Wikipedia.

berikut ini memberikan gambaran yang cukup komprehensif dan terpadu dari konsep yang berkembang pesat dan sebagian besar tanpa batas Web 2.0, serta ide yang lebih baru dan lebih luas dari Web Squared. Untuk ringkasan tujuh menit, Anda mungkin juga ingin menonton saya Menjelaskan Web 2.0 Video. Anda juga dapat menemukan berguna fantastis, interaktif Web 2 Peta ini. Akhirnya, jika Anda tertarik untuk Web 2.0 dalam pendidikan tinggi - apa yang saya istilah "HE 2.0" (!) - Anda mungkin ingin membaca artikel saya di International Journal of Manajemen Pendidikan.

Aspek kunci dari WEB 2.0

Web 2.0 bukanlah sesuatu yang pasti. Memang, mencoba untuk mengikat turun hanya ** persis ** apa yang dimaksud dengan Web 2.0 adalah seperti mencoba untuk kuku jelly ke dinding. Beberapa orang kemudian hanya mengabaikan "Web 2.0" sebagai bagian dari hype pemasaran dimaksudkan untuk mencoba dan mencadangkan kedua booming Dot Com. Namun, semakin Anda memikirkan dan menyelidiki ide-ide yang terlibat - dan khususnya lebih terkemuka Web 2.0 pelopor meluncurkan layanan berbasis web baru yang cocok di bawah Web 2.0 spanduk - lebih meyakinkan argumen untuk mengambil Web 2.0 sangat serius menjadi . Memang, apa yang telah dihargai dari awal adalah bahwa Web 2.0 melibatkan penerimaan pergeseran paradigma. Bagian yang paling sulit karena melibatkan mendapatkan kepala Anda sekitar mengapa Web 2.0 adalah sesuatu yang berbeda dari adopsi generasi pertama kami internet.

Pada tingkat konseptual, Web 2.0 berkaitan dengan membangun dan memelihara lebih cair, lebih fleksibel dan lebih kaya koneksi online antara orang, jasa dan / atau informasi. Secara khusus, koneksi ditingkatkan tersebut dapat dibuat dan dipertahankan antara dua orang atau lebih, antara dua atau lebih komputer dan organisasi yang menyediakan layanan online, atau antara individu dan konten digital mereka membuat, memanipulasi dan toko. Mengisolasi tiga kategori mungkin dari Web 2.0 koneksi cepat memungkinkan kita untuk menentukan tiga aspek kunci dari Web 2.0 sebagai terdiri dari:

Interpersonal komputasi - yang melibatkan interaksi orang-ke-orang difasilitasi melalui website yang memungkinkan kolaborasi konten penciptaan, berbagi dan manipulasi.
layanan web - yang melibatkan (dan karenanya organisasi-to-organisasi) data dan layanan pertukaran aplikasi-ke-aplikasi yang difasilitasi oleh koneksi otomatis antara server web dan teknologi Internet lainnya.
Perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) - yang melibatkan interaksi manusia dengan konten digital difasilitasi oleh aplikasi disampaikan melalui web dan yang bebas pengguna dari perangkat lunak yang diinstal secara lokal.
Bagian berikut menjelaskan tiga aspek kunci dari Web 2.0 secara lebih rinci.

WEB 2.0 DAN COMPUTING INTERPERSONAL

Revolusi komputasi personal dari awal 1980-an dan seterusnya terutama terlibat individu yang bekerja di isolasi pada PC mereka sendiri. Key aplikasi komputasi personal yang karenanya kegiatan seperti pengolah kata, spreadsheet menciptakan atau grafis, dan bermain game yang berdiri sendiri. Sebaliknya, "antarpribadi computing" - istilah yang sering dikreditkan ke akhir, technophilospher besar Timothy Leary - berfokus pada penggunaan komputer untuk menghubungkan orang satu sama lain dan karenanya untuk memfasilitasi bentuk yang lebih kaya dari interaksi manusia digital. komputasi Interpersonal telah ada sejak jaringan komputer diciptakan. Namun, ini bisa dibilang hanya dengan perkembangan yang cukup baru-baru Web 2.0 yang komputasi interpersonal yang telah benar-benar datang dari usia.

Cara termudah untuk mulai memahami kedua komputasi interpersonal dan karenanya aspek kunci pertama Web 2.0 adalah untuk mendapatkan beberapa pengetahuan dari mereka perkembangan online tertentu yang paling komentator menerima sebagai karakteristik fenomena ini. Sama seperti dokter sering mengakui penyakit dengan melihat gejala yang paling nyata, sehingga komputasi interpersonal dan Web 2.0 yang paling mudah paling tidak pada awalnya dipahami melalui cepat run-down dari mereka perkembangan online bahwa setiap web surfer dapat langsung mengamati.

Aspek komputasi interpersonal Web 2.0 yang paling sering dikaitkan dengan perkembangan wiki, blog, situs jaringan sosial, dan situs video viral. Wiki adalah situs yang memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah menambah, menghapus dan mengedit konten, sehingga memungkinkan kepengarangan kolaboratif dokumen yang komprehensif (sebagai lawan sumber informasi tunggal-menulis yang biasanya merana sendirian di web). Contoh terbaik dari wiki adalah multi-bahasa, berbasis web ensiklopedi Wikipedia, dan yang saat ini mencakup lebih dari dua juta artikel.

Sebuah blog - atau "web log" - adalah, situs jurnal-gaya kronologis yang penulisnya (atau "blogger") mempertahankan seperti buku harian online. Sekarang ada seluruh host situs web yang memungkinkan semua orang untuk memulai blog mereka sendiri, seperti WordPress, Blogger atau Blog.co.uk. Anda juga dapat "microblog" menggunakan Twitter, di mana setiap entri blog tidak lebih dari 140 karakter. Bahkan ada mesin pencari blog khusus yang disebut Technorati, dan yang saat ini melacak lebih dari 100 juta blog.

situs jaringan sosial (SNS) memungkinkan orang untuk membangun jaringan sosial online. Grup yang didirikan di dalam masyarakat seperti biasanya dibina sekitar yang ada persahabatan, kepentingan, tim dan kegiatan, dan difasilitasi oleh alat online untuk mengirimkan pesan individu, file sharing (terutama berbagi foto), forum diskusi, dan chatting online. Situs jaringan sosial paling populer adalah Facebook dengan lebih dari setengah miliar pengguna. Anda dapat menemukan daftar besar dari top 20 situs jaringan sosial di sini.

Terkait dengan jejaring sosial bookmark sosial. Ini ditawarkan oleh situs termasuk del.icio.us, Reddit, Digg, Facebook, StumbleUpon dan Kaboodle, dan memungkinkan orang untuk menyimpan link ke halaman web yang ingin mereka ingat dan berbagi, dan dengan tag dan berbagai alat lainnya menjadi tersedia untuk organisasi bookmark.

Situs jejaring sosial adalah keturunan sukses dari upaya sebelumnya oleh banyak perusahaan di tahun 1990-an untuk membuat komunitas virtual online (VC) - konsep pertama kali dicetuskan dan dipopulerkan oleh legendaris dunia maya pelopor Howard Rheingold dalam buku sekarang tersedia secara bebas nya Komunitas Virtual.

Akhirnya, situs video viral adalah situs web yang memungkinkan orang untuk mengirim video online. Sementara sekarang tidak sulit untuk menempatkan video di situs web apapun, pentingnya situs video viral adalah bahwa mereka menyediakan tempat untuk meletakkan video di mana ada kemungkinan bahwa setidaknya beberapa orang lain akan benar-benar menemukan mereka. Dalam arti, situs video viral maka bertindak sebagai "semua orang penyiar" atau "distributor semua orang" di dunia di mana setiap orang sudah pembuat film yang potensial dan penerbit. Raksasa situs video viral YouTube, meskipun sekarang ada beberapa situs pesaing yang sangat menarik, seperti Kaltura, di mana pengguna dapat "membuat bersama-sama" proyek-proyek media online lainnya video dan.

Jika Anda membaca halaman ini dan tidak pernah mengunjungi wiki, blog, situs jejaring sosial atau situs video virus, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan beberapa link di atas untuk melakukannya dalam rangka untuk mengumpulkan pemahaman tangan pertama dari apa ini komponen kunci dari Web 2.0 adalah semua tentang. Ketika datang untuk "mendapatkan" Web 2.0, tidak hanya ada pengganti pengalaman langsung! :-) [Mereka pembaca dari halaman ini yang menjalani hidup mereka secara online harus mencatat bahwa jutaan orang memiliki blog masih jarang atau pernah digunakan atau situs jejaring sosial dan bahwa ini adalah normal!]

Apa semua benar website komputasi antarpribadi memiliki kesamaan adalah bahwa mereka melibatkan semua pengunjung di sebenarnya atau berpotensi mengubah pengalaman banyak atau semua pengunjung lainnya. Konsep ini sering sangat disalahpahami bahwa itu tidak berarti bahwa semua atau bahkan sebagian besar pengunjung secara eksplisit akan penulis baru "tingkat atas" konten - seperti menulis blog atau meng-upload foto atau video - dan yang tetap merupakan aktivitas online masih hanya dilakukan oleh minoritas. Namun, sukses situs Web 2.0 tetap menghidupkan sebagai pengunjung sebanyak mungkin ke pembentuk konten yang berharga.

Untuk menggambarkan konsep ini, setiap pengunjung ke YouTube bentuk konten situs setiap kali mereka menonton video. Hal ini karena dengan menonton video mereka meningkatkan jumlah tercatat "dilihat". Bahkan lebih penting lagi, setelah mereka menonton lebih dari satu video setiap pengunjung juga berkontribusi ke web koneksi yang terbentuk antara video, dan yang pada gilirannya membantu untuk menghasilkan "video terkait" daftar setiap video, belum lagi daftar yang paling populer video. Di YouTube setiap orang karena hampir pasti pembentuk konten, dan ini bahkan sebelum kita mulai untuk mempertimbangkan tindakan dari pengunjung yang benar-benar log-in dan tingkat video, komentar pada mereka, atau menyimpan "favorit" untuk saluran mereka sendiri - biarkan saja orang-orang proaktif yang benar-benar meng-upload konten video baru.

THE RISE OF SERVICES WEB

Wajah publik Web 2.0 mungkin sangat banyak difokuskan pada situs-situs seperti Facebook dan YouTube yang memfasilitasi gratis antar berbagi konten. Namun, setidaknya sama pentingnya dalam hal implikasi bisnis Web 2.0 adalah aspek kunci kedua layanan web. Pada intinya, sementara komputasi interpersonal yang berkaitan dengan meningkatkan cakupan dan kualitas interkoneksi yang mungkin ada di antara dua orang atau lebih, layanan web memungkinkan perbaikan dalam cakupan dan kualitas interkoneksi yang mungkin ada di antara dua atau lebih sumber daya web, dan karenanya antara organisasi-organisasi yang memberikan mereka.

layanan web dapat paling hanya dianggap sebagai komponen dari fungsi online yang dapat dipasang bersama-sama - atau "tumbuk" - seperti semacam lego digital. Hal ini menciptakan apa yang dikenal sebagai "Mashup". Mashup dibawa ke dalam keberadaan setiap kali satu atau lebih layanan web secara otomatis diintegrasikan ke dalam situs web lain, maka membuat halaman yang menampilkan konten atau layanan dari dua penyedia terpisah.

Untuk mengambil contoh praktis, jika sebuah organisasi perlu mengambil pembayaran kartu kredit online, itu baik dapat mengatur akun bank dagang sendiri, atau - lebih bijaksana - dapat mengintegrasikan layanan web dari penyedia layanan pembayaran (PSP) seperti Worldpay , Netbanx atau Paypal ke situsnya. Pengunjung akan melakukan pembelian mereka dari situs perusahaan sendiri, tetapi kemudian akan diangkut ke website PSP untuk di mana mereka akan memasukkan rincian kartu kredit mereka dan pembayaran akan diatur. Semua ini akan terjadi secara otomatis, dengan dua organisasi memiliki penawaran mereka secara elektronik yang terintegrasi secara online.

Contoh lain dari layanan web termasuk Google Analytics - yang dapat dengan mudah "terpasang" ke situs web apapun untuk mengaktifkan analisis lalu lintas - serta Google Checkout. Yang terakhir ini tidak hanya menangani pembayaran online, tetapi juga menyediakan fasilitas keranjang belanja untuk pengecer yang lebih besar, serta sederhana "tombol Beli Sekarang" yang dapat digunakan oleh situs yang lebih kecil yang ingin menawarkan beberapa barang untuk dijual tanpa kerumitan pengaturan mereka sendiri e-ekor fasilitas.

Untuk memanfaatkan layanan web di atas dan lainnya, sehingga disebut mashup diciptakan oleh embedding sepotong kode dari penyedia layanan web ke dalam halaman website mengakses layanan. Kode tersebut mungkin yang sederhana seperti, katakanlah, sebuah link video embed YouTube, melalui sepotong lebih kompleks dari kode yang ditulis dalam antarmuka pemrograman aplikasi (API) dari penyedia layanan web. Informasi lebih lanjut tentang populer, API layanan web tersedia secara publik dapat ditemukan di programmableweb.com/apis. Anda juga dapat melihat mashup contoh halaman yang sangat sederhana saya untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa ini adalah semua tentang dalam praktek. favorit saya sendiri adalah hamster online. Ahh.

Sementara menciptakan mashup berpotensi dapat menjadi kompleks, sudah ada berbagai peningkatan alat gratis yang tersedia untuk membantu dengan proses ini, seperti Yahoo! Pipes. Ada juga sekarang situs yang mempertemukan banyak sekali layanan web "gadget" di satu tempat, seperti Gadget Google yang paling baik di mana setiap pengembang web bisa menampilkan dan menjual barang-barang mashable mereka. Memang, membangun sebuah situs (gratis) dengan Google Sites dan menggabungkan sebagian Google Gadgets menjadi sepotong kue pepatah (yang ini bisa dibilang jenis terbaik karena tidak bisa membuat Anda gemuk).

Dalam konteks bisnis, layanan web sering dikaitkan dengan konsep yang lebih luas dari pengembangan arsitektur berorientasi layanan (SOA) dimana kegiatan usaha dipecah menjadi proses yang berbeda yang kemudian dapat disampaikan melalui mashup layanan web yang dibeli dari beberapa organisasi dan selanjutnya saling terkait secara online. Aktivitas bisnis menjual sesuatu kepada pelanggan, misalnya, dapat dipecah menjadi proses mengambil pesanan mereka, mengambil uang mereka, dan menyediakan mereka dengan barang yang bersangkutan. Seperti telah dibahas, website perusahaan sendiri dapat digunakan untuk mengambil rincian pesanan pelanggan, dengan layanan dari penyedia layanan pembayaran saling memproses pembayaran kartu kredit, dan perusahaan pelayaran (seperti Federal Express) juga saling terkait melalui layanan web untuk memfasilitasi kedua pengiriman barang dan pelacakan pengiriman online.

Sebuah bisnis yang menjual barang ke pelanggan melalui pengaturan online di atas (yang menawarkan pelanggan layanan mulus dari tiga perusahaan yang berbeda saling terkait melalui layanan web) sering digambarkan sebagai longgar ditambah. Hal ini karena jasa yang digunakan dalam proses bisnis mereka secara keseluruhan bisa dengan mudah dihapus dan diganti dengan yang ditawarkan oleh provider lain. Perusahaan bisa, misalnya, relatif mudah beralih dari satu pembayaran penyedia layanan atau perusahaan pelayaran lain karena fleksibilitas yang melekat dalam sistem komputer kopling dan karenanya organisasi bersama-sama melalui teknologi internet.


EmoticonEmoticon